Tuesday, December 19, 2017

6 Tips Makan Dim Sum

Mungkin diantara kalian ada pencinta dim sum? mungkin jawabnya banyak sekali penyuka dim sum seperti saya hehehe, mungkin kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya cara memakan dim sum sesuai dengan cara dari negeri asalnya, seperti kita ketahui  di negeri asalnya adalah cina, makan dimsum tidak asal melahapnya, ada aturan yang mengaturnya, kali ini saya coba untuk sharing bagaimana tata caranya melahap dim sum  sesuai dengan aturannya, mungkin kita sudah banyak melihat dan merasakan berbagai macam dim sum tetapi tidak perlu kawatir, meskipun dim sum banyak sekali variannya tetapi tata krama nya untuk makan dim sum tetap sama.
Kali ini saya mencoba menjelaskan berdasarkan informasi dari chef  chan, sekedar informasi saja Chef Chan adalah chef China pertama di dunia dari restoran dengan tiga bintang Michelin.

 Berikut adalah enam hal yang harus diperhatikan jika Anda menyantap dim sum. 

1. Digigit, jangan melahapnya langsung

"Lebih baik menggigit kecil dari pada memakan sepotong penuh dim sum dalam sekali gigitan. Rasanya akan lebih terasa ketika dimakan perlahan. Cara memakan xiao long bai atau dumpling yang diisi dengan kaldu panas, angkat sedikit dari ujung bawahnya. Sebaiknya gigit sedikit biarkan sisa gigitan pangsit agak dingin. Para turis sering memakannya dalam satu gigitan dan hal itu bisa membakar mulut. Supnya benar-benar panas."

2. Pergunakan soy sauce dengan bijak

Banyak chef yang sudah membumbui dim sumnya, jadi Anda tidak perlu menambahkan lagi (bumbu), tapi tergantung selera. Beberapa orang suka rasa lebih asin atau lebih pedas. Saya lebih memilih rasa yang ringan. Saya rasa para pendatang lebih menyukai rasa yang kuat.

Yang mereka anggap rasa yang baik mungkin terlalu asin atau terlalu banyak bumbu bagi kami. Dan apa yang kami sukai mungkin mereka anggap terlalu hambar. Hal yang sama berlaku pada rasa manis, beberapa pelanggan kami lebih menyukai makanan penutup yang rendah gula.


3. Sendok tidak hanya digunakan sebagai alat pengambil kaldu

Sangat baik bila menggunakan sendok sebagai pendukung sumpit, bisa taruh tulang pada sendok lalu ambil dengan sumpit Anda. Makan dulu dagingnya dan makanlah sisa daging di tulang sesuka Anda. Setelah itu, Anda dapat membuang tulang di piring Anda. Restoran fine dining akan mengganti piring Anda setelahnya.

Jika Anda bersantap di dai pai dong (warung tradisional Hong Kong), tidak ada etika dalam menyantap hidangan. Anda bisa menggunakan tangan untuk makan dan bisa langsung menaruh tulang di taplak meja. Hanya menikmati hidangannya saja.

4. Pergunakan sumpit hanya untuk Anda saja

Jangan melayani orang lain dengan sumpit Anda. Mudahnya, beberapa orang mungkin tidak ingin berbagi air liur. Anda dapat dengan mudah meminta satu set alat makan untuk teman Anda.

Dan jangan bermain dengan sumpit. Jangan menekan gigi atau mengaduk makanan di mulut dengan sumpit. Lebih baik Anda meminta garpu. Bahkan beberapa awak dapur yang muda juga tidak menggunakan sumpit dengan benar aehingga perlu mengetes kemampuan menggunakan sumpit.


5. Pelajari kode rahasia

Bila Anda ingin mengucapkan terima kasih, ketuk jari telunjuk dan jari tengah Anda secara bersamaan pada meja sebanyak dua kali. Jika Anda kehabisan teh atau air panas di meja, pindahkan tutup teko ke samping dan pelayan akan datang untuk mengisi ulang.


6. Jangan berlebihan dalam memesan


Tidak ada rekomendasi mengenai berapa banyak seharusnya pesanan dim sum, cukup memesan hidangan yang dapat memuaskan Anda dan Anda bisa terus memesan sampai kenyang.

Jangan membungkus atau membawa pulang yum cha. Karena berbeda jika mengukus yam cha satu menit atau kurang dari satu menit. Anda harus memakannya dalam keadaan panas. Rasanya akan berubah jika dihangatkan di microwave rumah.




Sumber:
https://food.detik.com/info-kuliner/3772712/ini-6-tips-makan-dim-sum-dari-chef-china-berbintang-michelin


No comments:

Post a Comment